-->
aOGEZI57OQn5yP1hBMFB2o83mW9XQR0xpYfzSrtQ

Daftar Objek Wisata di Lembata

Lembata adalah sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan luas daratan 126.684 ha. Lembata menyimpan berbagai kekayan alam dan pariwisata yang sedang berusaha diekspos ke tingkat nasional dan dunia.

sumber Foto : www.realfuture.org
Berikut Saya merangkum beberapa tempat pariwisata di Lembata yang saya ambil dari berbagai sumber. .

1. Pulau Pasir Putih Awelolong.  Pulau Pasir Putih Awelolong merupakan sebuah pulau kecil yang indah yang memiliki pasir putih. Pulau yang terletak di bagian Utara Kota Lewoleba ini memiliki keunikan khas yaitu pulau tersebut hanya muncul saat air laut surut. Pulau Pasir Putih Awelolong sering juga disebut pulau siput, karena dipulau ini pengunjung dapat memperoleh siput/kerang dengan cara mengorek atau mengali pasir saja sedalam 5 cm sampai 10 cm. Keseluruhan Pulau Pasir Putih Awelolong mengandung berbagai jenis siput atau kerang

2. Desa Nelayan Lamalera. Desa Nelayan Lamalera merupakan destinasi pertama dan terutama di Lembata. Jika kebanyakan desa nelayan di NTT identik dengan pemeluk agama Islam, maka di Lembata, desa nelayan ini justru menjadi muasal penyebaran agama Katolik di pulau ini. Dalam tradisi penangkapan ikan paus dengan cara tradisional, ritual keagamaan tak akan lepas proses yang wajib mereka lakukan. Untuk mencapai desa ini, relatif tidak sulit lantaran akses transportasi baik dari Lewoleba melalui jalur darat maupun dari mana saja melalui jalur laut, semua tersedia. Namun Kawan perlu stamina menuju kesa karena menghadapi kondisi jalan raya yang jauh dari kelayakan.

3. Tanjung Nuhanera. 
Letaknya tidak jauh dari Kota Lewoleba dan didukung oleh akses jalan raya yang relatif lebih baik dibandingkan kondisi di belahan Lembata lainnya. Masyarakat lokal Nuhanera dipercaya sebagai tempat tinggal leluhur atau orang yang sudah meninggal, sehingga ada kearifan laut tertentu yang harus dituruti demi menjaga kawasan ini. Secara berkala paus biru muncul di teluk ini, ada juga penyelam yang melihat ikan duyung.

4. Air Terjun Kembar Atawuwur. Dalam perjalanan wisata ke Lamalera kawan dapat singgah di desa Atawuwur. Di sini kawan dapat menikmati keindahan air terjun kembar alami dengan ketinggian mencapai 30 meter, dengan panorama alam sekitar yang sejuk dan indah. Sekalipun akses jalan menuju air terjun ini cukup memacu adrenalin tapi bagi kawan yang berjiwa petualang,pasti ini bukan sebuah rintangan kan ?

5. Bukit Cinta.  Bukit Cinta yang juga sering disebut sebagai Wolor Pass dengan monumennya yang gagah dan sedang dalam proses penyelesaian. Kawan butuh waktu 20 menit dari Kota Lewoleba, Lembata, sudah bisa menjumpai satu destinasi terdekat dari kota kabupaten ini. Setiap petang hari, selalu saja lebih dari 20 orang datang dan sekadar menikmati keindahan pemandangan matahari yang mulai hilang. Tidak hanya itu kawan, pagi harinya pun panorama disini sangat indah.

6. Bukit Doa. Sekitar 200 meter dari Bukit Cinta, ada juga bukit doa dengan pendakian jalan salib menuju puncak bukit, tempat dimana peziarah akan menemukan megahnya patung Bunda Maria di puncak itu. Kawasan ini sedang dipersipkan dan akan diarahkan menjadi zona wisata rohani agama katolik. Kawasan ini telah diresmikan dan sedang dipakai meski masih dalam tahap penyelesaian.

7. Pantai Pasir Putih Mingar. Pantai Pasir Putih Mingar terletak di Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung. Waktu tempuh dari kota Lewoleba (Ibukota Kabupaten) kurang lebih 3 jam menggunakan mobil dan 2 jam menggunakan sepeda motor. Pantai pasir putih ini terbentang sepanjang 3 km. Pantai ini memiliki pasir yang berbeda, tidak sehalus pasir putih di pulau Bali dan di tempat-tempat lainnya. Pasir di pantai ini sedikit lebih besar dan lebih putih. Telah tersedia juga beberapa lopo dan tempat-tempat istirahat yang dibangun pemerintah untuk mendukung situs wisata ini.

8. Puncak Ile Lewotolok.  Ile Lewotolok adalah sebuah gubung berapi yang terletak di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur, Lembata. Untuk memulai pendakian, Anda tidak butuh waktu yang lama untuk menjangkau titik start memulai pendakian di wilayah Ile Ape Timur, tepatnya di Desa Lamagute.
Menempuh rute yang tidak mudah dan penuh tantangan, dibutuhkan stamina yang cukup untuk bisa menjangkau kawah. Namun, bagi mereka yang pernah menjangkau titik ini, hilang semua lelah saat menyaksikan keindahan pemandangan di hamparan kawah gunung itu.

9. Pantai Bean . Pantai Bean terletak di ujung Pulau Lembata yang berhadapan langsung dengan Pulau Alor. Terletak di Desa Bean Kecamatan Buyasuri dengan jarak tempuh 82 KM dari pusat Kota Lewoleba, untuk menuju ke lokasi tersebut dapat ditempuh dengan angkutan darat .Pantai Bean merupakan pantai pasir putih yang unik dengan pasir putih dalam bentuk kristal-kristal halus yang membentang dari barat ke timur sejauh kurang lebih 5 KM dengan ombak laut yang bergulung terus menerus dan pecah secara teratur.

10. Tanjung Tobirudu di Desa Lolong. Salah satu pesona yang menakjubkan dengan suara deburan ombak yang berbuih. Hantaman ombak yang berpantul dalam gua lalu menyemburkan udara ke atas ini memiliki sensasi yang mengagetkan kawan. Orang yang pertama kali berkunjung disini pasti akan dibuat kaget. Bukan hanya itu, di tanjung ini kawan dapat menikmati sunset dan sunrise yang indah. Tanjung tobirudu juga menjadi salah satu tempat pemancingan yang baik. Tempat wisata ini memang belum terdaftar di Dinas Pariwisata Lembata tapi masyarakat di Desa ini sering melakukan lomba memancing di tempat ini.

Demikian yang dapat saya sajikan tentang tempat wisata di Lembata, dan semoga menjadai bahan referensi yang baik buat kawan yang sedang merencanakan liburan di Lembata. Kawan dapat menambahkan referensi tempat wisata lembata pada kolom komentar.Saya tunggu...
Related Posts
Wandy Punang
Senang Belajar Otodidak

Related Posts

Posting Komentar